Asal Usul Oksigen

Asal-usul oksigen – Oksigen (O2) dalam atmosfer bumi komposisinya sebanyak 21% dan kandungan oksigen tersebut memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan di muka bumi ini.



Para ilmuwan sepakat bahwa oksigen di bumi pertama kali berwujud sebagai air dan kemudian air diubah menjadi gas 02 oleh suatu bakteri fotosintesis (Cyanobacteria). Proses ini diduga dimulai sejak 2,7 miliar tahun lalu. Mikroba ini melakukan fotosintesis menggunakan sinar matahari, air dan karbon dioksida untuk menghasilkan karbohidrat dan juga oksigen. Bahkan semua tanaman di bumi memasukkan synbiotic cyanobacteria (dikenal sebagai kloroplas) untuk melakukan fotosintesis.

Pada hitungan ribuan tahun sebelum evolusi cyanobacteria ini, Arkean selama beribu-ribu tahun, mikroba yang lebih primitive hidup dengan cara kuno / dengan anaerob (tidak memerlukan udara). Organisme kuno ini turunan “extremophile” berkembang dengan tidak adanya udara dan hanya mengandalkan sulfat untuk kebutuhan energi mereka sehari-hari.

Dalam pandangan umum, ilmu pengetahuan mengenalkan kepada kita bahwa oksigen terbentuk dari hasil fotosintesis tanaman hijau. Namun menurut sebuah Koran science 2000, sekitar 2,45 miliar tahun lalu, radio isotop belerang berubah yang menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya oksigen menjadi komponen penting dari atmosfer bumi. Lalu bagaimana Bumi menghasilkan oksigen di atmosfer sebelum adanya kehidupan, sedangkan pada saat Bumi baru terbentuk permukaannya gersang dan panas.

Hal ini dibuktikan oleh Zhou Lu, seorang mahasiswa pascasarjana University of California yang bekerjasama dengan profesor di Earth and Planetary Sciences. Dia telah memberi bukti bahwa oksigen terbentuk di atmosfer pada saat itu, pengujian ini menggunakan laser ultraviolet energi tinggi untuk meningkatkan karbon dioksida.

Menurt Zhou, banyak yang percaya bahwa sumber abiotik (tanpa tanaman hijau) molekul oksigen terbentuk dari proses CO2 dan cahaya matahari yang menghasilkan CO dan Oksigen. Kemudian O2 dan M (O + O + M) dimana M merupakan tubuh ketiga membawa energi yang dilepaskan untuk membentuk ikatan oksigen. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa O2 dapat terbentuk dengan karbon dioksida dalam proses penguraian satu langkah, proses yang sama juga dapat diterapkan pada karbon dioksida atmosfer yang didominasi planet lainnya seperti Mars dan Venus.

Zhou Lu telah memberi bukti bahwa oksigen terbentuk di atmosfer bumi.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

sumber:
efendybloger.blogspot.co.id
www.isains.com

sumber gambar:
amazine.co

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asal Usul Oksigen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel