Asal Usul Klakson

Asal Usul Klakson - Klakson atau yang biasa disebut bel kendaraan adalah nama merek: Klaxon. Majalah The Horseless Age, mengatakan produk ini dikembangkan oleh perusahaan asal Inggris yaitu Klaxon Signals Ltd di Oldham, Manchester, Inggris, dan pertama kali digunakan untuk kendaraan pada 1908. Kemudian pada tahun 1911 klakson sudah diterapkan atau dipasang pada mobil yang menggunakan baterai yang dapat diisi ulang.

Penemu dan pemilik hak paten Klaxon terdaftar atas nama penemu Miller Reese Hutchinson, yang disebut-sebut kerabat dekat Thomas Alva Edison. Kemudian hak paten teknologi ini pun dibeli perusahaan suku cadang Lovell-McConnell Manufacturing Co. asal Newark, New Jersey, AS, dan menjadi standar mekanik bel kendaraan General Motors.
 
Asal Usul Klakson - Klakson Listrik

Klakson saat ini ada dua jenis, yang pertama klakson listrik dan yang kedua klakson angin. Klakson listrik/elektrik banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan khususnya sepeda motor dan mobil pribadi sedangkan klakson angin biasanya digunakan pada kendaraan besar seperti bus, dump truck, dll. Klakson bentuknya bermacam-macam, ada yang berbentuk datar, pusaran, seperti terompet dan lain-lain. Prinsip kerja klakson adalah menggetarkan diafragma untuk menghasilkan bunyi dengan gerakan kumparan yang dialiri listrik atau dengan tekanan angin kompresor.
 
Asal Usul Klakson - Klakson Angin

Fungsi klakson pada dasarnya adalah untuk komunikasi antar pengguna jalan saat berkendara, sebagaimana lampu sein, lampu rem dan lampu dim, klakson juga memberikan tanda kepada pengguna jalan yang lain akan keberadaan kendaraannya sehingga mencegah terjadinya kecelakaan. Penggunaan klakson tidak hanya pada kendaraan seperti sepeda motor dan roda empat saja, kendaraan angkutan lain seperti kereta dan kapal juga memiliki klakson tersendiri yang fungsinya dasarnya sama, yaitu untuk memperingati orang lain.

Penggunaan klakson memiliki aturan tersendiri yang diatur oleh pihak berwenang, aturan tersebut melibatkan para produsen klakson dan produsen kendaraan yaitu bahwa penggunaan klakson dibedakan jenisnya berdasarkan jenis kendaraan, misalnya klakson pada mobil dibuat lebih keras dari pada klakson sepeda motor, begitu juga klakson bus atau truk dibuat lebih keras suaranya dari pada klakson mobil, hal ini agar pengemudi yang lain dapat merespon lebih cepat dan lebih waspada karena sudah tahu jenis kendaraan yang akan lewat. Sehingga salah jika ada sepeda motor memodifikasi klaksonnya menjadi klakson yang keras seperti klakson mobil atau bahkan truk.

Sumber:
Beritagar.id
Guruotomotif.com

Sumber Gambar:
tjaturpiet.blogspot.com
karoseri-id.com


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asal Usul Klakson"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel