Asal Usul Sepeda Motor

Asal Usul Sepeda Motor - Pada masa dahulu, orang pertama yang menempatkan motor pada sepeda kelihatan gila dan dianggap hal yang aneh. Namun kini sepeda motor telah menjadi kendaraan yang wajib bagi sebagian orang dan telah memiliki daya tarik yang sangat kuat sehingga memadati jalan raya hampir disetiap Negara.

Asal Usul Sepeda Motor


Lalu jika dilihat asal usul adanya sepeda motor itu tidak seperti yang kita bayangkan saat ini, karena ternyata sepeda motor yang pertama itu mengguanakan uap sebagai sumber tenaga penggeraknya. Mari kita lihat perkembangan sepeda motor dari awal mulanya.

Sepeda Tenaga Uap
Pada tahun 1867 seorang bernama Amerika Sylvester Howard Roper (1823-1896) menciptakan sepeda bertenaga uap dengan dua silinder.  Penciptaan ini dapat dianggap sebagai sepeda motor pertama. Roper yang juga menciptakan mobil bermesin uap, tewas pada tahun 1896 kecelakaan saat mengendarai sepeda beroda uap nya. 

Dalam waktu yang hampir bersamaan setelah Roper memperkenalkan sepeda bertenaga uapnya, Prancis Ernest Michaux memasang mesin uap beroda ditemukan oleh ayahnya, seorang pandai besi bernama Pierre Michaux.

Sepeda Motor Bermesin Gas Pertama
Jerman Gottlieb Daimler menemukan sepeda motor gas pertama bermesin tahun 1885 ketika itu mesin dipakai untuk sepeda kayu.
Gottlieb Daimler menggunakan mesin baru
yang diciptakan oleh insinyur, Nicolaus Otto.

Otto menemukan pertama "
Four-Stroke Internal-Combustion Engine" pada tahun 1876, itu yang dinamakan "Otto Cycle Engine/Siklus Mesin Otto" Begitu mesin itu selesai, seorang mantan karyawan Otto bernama Daimler membangun mesin itu menjadi sebuah sepeda motor.

Motor Harley Davidson
Banyak dari para penemu abad kesembilan belas yang bekerja pada sepeda motor awal sering pindah ke penemuan lainnya.
Misalnya Daimler dan Roper yang justru melanjutkan untuk mengembangkan mobil.
Namun, penemu seperti William Harley dan saudara Davidson terus mengembangkan sepeda motor dan pesaing bisnis mereka perusahaan start-up baru lainnya seperti Excelsior, India, Pierce, Merkel, Schickel dan Thor.

Pada tahun 1903, William Harley dan teman-temannya Arthur dan Walter Davidson meluncurkan Harley-Davidson Motor Company. Sepeda motor yang memiliki mesin berkualitas, sehingga bisa membuktikan sendiri dalam balapan, namun, perusahaan berencana untuk memproduksi sebagai kendaraan transportasi massal. Merchant, C. H. Lange, dijual pertama dan didistribusikan secara resmi oleh Harley-Davidson di Chicago.


Sumber:
Inventors.about.com
www.history.co.uk

Sumber Gambar:
www.motorcycle.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asal Usul Sepeda Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel