Asal Usul Suku Jawa

Asal Usul Suku Jawa - Banyak spekulasi dan perbincangan tentang darimanakah asal-usul suku Jawa itu sebenarnya. Ada yang mengatakan Nenek moyang masyarakat Jawa adalah orang purba yang berasal dari Austronesia, sebuah spesies yang diperkirakan berasal dari sekitaran Taiwan dan bermigrasi melewati Filipina sebelum akhirnya tiba di pulau Jawa pada tahun 1.500 dan 1.000 sebelum masehi.  Ada juga pendapat mengatakan suku Jawa berasal dari daerah Laos atau Kamboja dan kemungkinan lain berasal dari Vietnam. Tapi ada pendapat lain yang mengatakan bahwa suku Jawa kemungkinan berasal dari daerah India wilayah selatan.
 
Suku Jawa
Sebenarnya jika kita membahas asal usul suku Jawa tidaklah jauh berbeda dengan asal usul orang Indonesia secara keseluruhan, yaitu pada saat Eugene Dubois seorang ahli anatomi Belanda pada tahun 1891 di Trinil menemukan fosil dari Homo erectus yang juga dikenal dengan nama “Manusia Jawa”. Fosil Homo erectus yang berhasil ditemukan, diperkirakan memiliki umur yang sudah luar biasa tua yaitu sekitar 700.000 tahun, menjadikannya salah satu spesies manusia kuno yang bisa ditemukan pada saat itu. Tidak berapa lama, di Sangiran juga ditemukan kembali fosil lainnya dari spesies yang sama pada tahun 1930 oleh Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald yang menemukan perkakas yang kelihatannya jauh lebih maju dibanding perkakas pada era sebelumnya dan umur dari peralatan-peralatan yang berhasil mereka temukan diperkirakan adalah 550.000 hingga 143.000 tahun.

Suku Jawa yang merupakan suku terbesar di Indonesia memiliki banyak sub-etnis seperti: orang Cirebon, Osing, Tengger, Boya, orang Mataram, Samin, Naga, Banyumasan, dan masih banyak lagi. Mayoritas suku Jawa menganut Agama Islam dan sebagian lagi menganut Agama Kristen dan Hindu. Namun, terlepas dari apa agama yang mereka anut, peradaban suku Jawa tidak pernah bisa lepas dari animisme asli yaitu kejawen yang telah sangat lama mereka jalankan dan pengaruh kejawen tersebut masih banyak kita temui dalam tradisi, sejarah, kultur dan bidang seni lainnya. 

Suku Jawa sendiri diperkirakan memiliki kaitan dengan migrasi penduduk Austronesia menuju Madagaskar pada abad pertama. Meski memang kultur utama dari migrasi ini lebih dekat dengan suku Ma’anyan di Kalimantan, beberapa bagian dari bahasa Malagasy sendiri diambil dari bahasa Jawa. Ratusan tahun setelahnya ketika periode kerajaan Hindu tiba, banyak saudagar Jawa yang bermukim di tempat-tempat lain di Nusantara. Pada akhir abad ke-15 menyusul runtuhnya Majapahit dan berkembangnya Muslim di pantai utara Jawa, banyak orang-orang Hindu dari Jawa yang bermigrasi ke Bali dan berperan dalam majunya kultur Bali.

Selain di dalam negeri, suku Jawa juga muncul di semenanjung Malaya sejak lama. Hubungan antara Malaka dan Jawa sendiri merupakan sebuah hal penting yang berperan besar dalam berkembangnya Islam di Indonesia karena banyak misionaris Islam yang dikirim dari Malaka ke beberapa daerah perdagangan di pantai utara Jawa. 



Sumber:
Wikipedia.com
potalsejarah.com
Deutromalayan.blogspot.com
Sumber gambar:
www.infoyunik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asal Usul Suku Jawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel